Minggu, 13 Oktober 2013

PELAJARILAH BAHASA KITA.


Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.  Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.

Di era globalisasi ini mungkin menggunakan bahasa Indonesia yang baku bisa dibilang kurang gaul, tidak trendi. Sekarang ini masyarakat Indonesia  sangat dipengaruhi oleh budaya budaya dari luar mulai dari gaya berbahasa yang kurang baik maupun styel  .Meskipun banyak bahasa yang lagi trendi  dikalangan anak muda dan dikuasai oleh rakyat Indonesia.  tetapi Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan sesuai dengan amanat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa nasional seperti yang tertuang dalam batang tubuh UUD 1945 pasal 36. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam pendidikan, kita menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Untuk dapat memahami tujuan-tujuan pendidikan yang telah direncanakan.
Bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai  dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah untuk bahasa baku tertulis maupun bahasa baku lisan.


Dan yang menjadi kesimpulan adalah bahwa yang bisa kita pelajari dari semua ini adalah Bahasa merupakan sebuah suatu karunia yang diberikan Tuhan pada manusia agar manusia bisa memahami dan mengerti satu sama lain,dan pelajarilah tata bahasa agar kita dapat  menjadikannya sebagai alat komunikasi yang dasar dan sentral dan disamping itu bisa menjadi kekuatan tersembunyi dalam mempersatukan suatu hal dalam penggunaannya, dan ada baiknya jika dalam penggunaannya, kita memakai bahasa yang baik dan benar, sehingga bahasa yang kita sampaikan terlihat sesuai .

Referensi
www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar